Siaga Karhutla, Bupati Edy Pimpin Apel Kesiapsiagaan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo memimpin apel kesiapsiagaan dan gelar pasukan dalam rangka pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020.
Kegiatan ini berlangsung di halaman stadion HM Sanusi, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau, Rabu (15/7/2020) pagi.
Hadir Unsur Forkopimda, Sekda Pulang Pisau, Kalaksa BPBD Pulang Pisau, Pimpinan Lembaga/SOPD lingkup Pemkab Pulang Pisau, dan PT Best Agro serta seluruh peserta siaga karhutla.
Dalam sambutannya, Bupati Edy mengatakan, kegiatan apel ini langkah mensinergikan dan mensosialisasikan kesiapsiagaan daerah dalam menghadapi musim kemarau tahun 2020 ini.
"Nah, untuk Pulpis sendiri kita sudah memasuki musim kering atau kemarau. Itu terhitung mulai Juni hingga Oktober 2020 mendatang," ucap Edy.
Selanjutnya, kata Edy, arah gambaran kajian risiko bencana global ke depan pun cenderung akan meningkat, karena Kabupaten Pulang Pisau sendiri memiliki ancaman bahaya seperti, kekeringan, karhutla, banjir, gelombang ekstrim dan abrasi, serta cuaca ekstrim lainnya.
"Tidak dipungkiri, intensitas dan kompleksitas bencana di era modern ini telah menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan dan kerugian yang besar serta sangat mengganggu aktifitas dan produktifitas, baik untuk keberlangsungan dunia usaha dan kehidupan masyarakat," ungkapnya.
Selain hal itu, mengingat kerentanan, terpaparnya masyarakat dan potensi ancaman bencana Pandemi Covid-19, masih belum berakhir, diperlukan satu momen untuk melatih kesiapsiagaan seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi bencana.
"Saya gajak seluruh SOPD, lembaga, dunia usaha dan lembaga semaksimal mungkin untuk merealisasikan kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Sehingga akan terbangun kapasitas semua pihak terkait," tutupnya.[manan]
loading...
TAG