Gudang dan Mesin Pengolahan Padi Modern segera Dibangun

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional dan Food Estate, Badan Urusan Logistik (Bulog) segera membangun gudang industri pengolahan padi modern di Kabupaten Pulang Pisau.
Proyek gudang ini sendiri direncanakan dibangun di Desa Belanti Siam Block A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau pada 2020 ini juga.
Rencana ini disampaikan Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Mayjen Purn Bachtiar saat berkunjung ke Pulang Pisau, pada Minggu 28 Juni 2020.
"Kunker kita ini untuk merespon harapan Pemerintah Pulang Pisau untuk pembangunan gedung pengolahan padi modern. Kemarin kita juga sudah meninjau lokasi yang sudah disiapkan pemerintah setempat," ucap Bachtiar kepada awak media.
Menurutnya, industri yang akan diterapkan di Desa Belanti Siam itu mulai dengan penyediaan Gerung Bulog dan mesin pengolahan padi agar hasil produksi berkualitas dan tahan lama.
"Kalau dikelola dengan industri modern, maka kualitas beras akan tahan lama, 1 sampai 2 tahun pun bila sudah di packing dan disimpan masih kuat, termasuk untuk menghilangkan kutu-kutu beras itu," katanya.
Dalam kesempatan kunjungan tersebut, utusan Bulog ini juga meninjau beberapa infrastruktur, baik jalan, jembatan dan alur sungai yang akan menjadi sarana pendukung angkutan hasil produksi untuk didistribusikan ke luar daerah.
Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pulang Pisau telah ditunjuk sebagai salah satu lokasi ketahanan pangan nasional dan Food Estate tepatnya di Desa Belanti Siam dan Desa Gadabung.
Sejumlah menteri telah berkunjung ke lokasi pusat lumbung padi nasional ini, diantaranya Menteri Pertanian, Menteri PUPR, dan dua hari lalu juga dikunjungi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didamping Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil. Turut serta hadir Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga.[manan]
loading...
TAG