Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Menteri PUPR Cek Pulang Pisau

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Setelah sebelumnya dikunjungi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kabupaten Pulang Pisau kembali menerima kedatangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Minggu (14/6/2020).
Kedatangan menteri beserta rombongan disambut langsung Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo, bersama Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, serta unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.
Dalam kunjungannya, Menteri PUPR beserta rombongan meninjau dan melakukan pengecekan jalan, jembatan dan jaringan irigasi untuk mendukung food estate dan ketahanan pangan nasional.
Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengatakan, tujuan kedatangannya ke Kabupaten Pulang Pisau ini tidak lain untuk mendukung rencana presiden mengembangkan ketahanan pangan melalui penyiapan lahan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah.
"Kemarin kita sudah melakukan kunjungan yang sama ke Kabupaten Kuala Kapuas, dan disana sama yang kita lakukan seperti di Pulang Pisau ini meninjau rehabilitasi irigasi serta sejumlah pembangunan lainnya untuk kesiapan ketahanan pangan nasional," ucap Menteri PUPR kepada awak media. 
Sementara pada kesempatan yang sama, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan, kunjungan yang dilakukan Menteri PUPR ini tidak lain upaya mendukung ketahanan pangan nasional, dengan merealisasikan harapan para petani di wilayah lumbung padi Kabupaten Pulang Pisau, yakni Desa Tahai, Sanggang dan Belanti Siam.
"Pendalam irigasi primer saluran rawa dan pintu air, kemudian jalan dan jembatan dikabulkan tahun ini, khususnya di wilayah menuju ketahan pangan kita," ucap Bupati Edy kepada wartawan di sela kunjungan Menteri PUPR.
Menurut Bupati Edy, tercapainya realisasi ini berkat koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat, sehingga hal ini akan terus ditindaklanjuti sebagai upaya bersama mendukung ketahan pangan nasional.
"Ini tentunya berkat kerja kita bersama, baik dari kabupaten, provinsi maupun pusat," kata Edy dengan cukup singkat.
Kemudian pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau, Usus I Sangkai kepada media ini ini mengatakan kegiatan kunjungan Menteri PUPR ini dalam rangka pengecekan jalan, jembatan dan jaringan irigasi untuk mendukung food estate dan ketahanan pangan nasional.
Di Desa Tahai, Sanggang dan Belanti Siam, lanjut Usis begitu sapaan akrabnya, akan dioptimalkan lahan pertanian Eks proyek lahan gambut atau PLG. 
"Ini tidak lain juga untuk meningkatkan hasil produksi dengan menggunakan teknologi pertanian. Untuk menyiapkan lahan lumbung pangan food estate seluas 164.000 hektar untuk Kalteng di dua kabupaten, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas," kata Usis dengan cukup singkat.[manan]
loading...
TAG