40 Orang Pokdarwis Ikuti Pelatihan Homestay Pondok Wisata

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak 40 orang kelompok sadar pariwisata atau Pokdarwis di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengikuti pelatihan homestay pondok wisata.
Kegiatan yang berlangsung di aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau itu dibuka oleh Pj Sekda Pulang Pisau, Saripudin, Senin (27/7/2020).
Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo dalam sambutannya melalui Saripudin menyampaikan, homestay pondok wisata di bidang pelayanan kepariwisataan ini bertujuan untuk mendorong pelayanan prima pelaku usaha sektor industri pariwisata.
Juga sekaligus meningkatkan kinerja dan daya saing bagi pembangunan kepariwisataan nasional.
"Dan tujuan lainnya juga untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat lokal," ucapnya.
Kemudian, lanjutnya, homestay pondok wisata ini salah satu sarana penting dalam mendukung destinasi wisata sebagai usaha kreatif masyarakat, sehingga mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah destinasi wisata.
"Dari itu pelatihan ini sangat kita dukung, karena saat ini masih banyak pengelola destinasi wisata yang belum memahami pengelolaan homestay pondok wisata secara baik dan benar. Misalnya dalam hal promosi, manajerial, maupun pemeliharaan. Bahkan masih ada dibeberapa destinasi belum ada fasilitas homestay nya," katanya.
Sementara, disampaikan Plt Kadisbudpar Pulang Pisau, Osa Maliki, kegiatan ini secara rinci diikuti Pokdarwis dari Desa Tangkahen, Bukit Rawi, Bukit Hamba, Pilang, Gohong, Buntoi, Mantaren dan pihak manajemen penginapan di Kabupaten Pulang Pisau.
"Total pesertanya ada 40 orang, ditambah pihak penginapan," ujar Osa Maliki dengan singkat.[manan]


loading...
TAG