Kondisi Covid-19, Madrasah di Kapuas Lakukan PAT Online

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Di tengah pandemi Virus Corona, Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) pada Kantor Kemenag Kapuas tetap berkomitmen untuk melaksanakan proses belajar mengajar. 
Begitu juga proses Penilaian Akhir Tahunan (PAT) bagi peserta didik, tetap dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
Semuanya kini dilakukan dengan sistem online atau daring. Ini dilakukan sesuai imbauan pemerintah yakni work from home (WFH) dan study from home (SFH).
Kasi Penmad Kemenag Kapuas, H Sajarwan mengatakan, madrasah jenjang MI, MTs hingga MA yang berada di bawah naungan Kantor Kemenag Kapuas sejak Senin 8 Juni 2020 melaksanakan PAT dengan sistem online atau daring.
Bagi sebagian peserta didik yang tidak memiliki gadget android atau keterbatasan jaringan pada tempat tinggalnya dilaksanakan PAT secara manual.
"Bagi peserta didik yang tidak melaksanakan PAT secara daring, masing-masing guru akan mengantarkan soal PAT ke rumah," ungkap Sajarwan, Selasa (9/6/2020).
Selain itu, bagi siswa kurang mampu yang mengikuti PAT secara online, dengan kebijakan pihak madrasah membantu memberikan kuota sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengikuti PAT ini.
"PAT sistem online atau daring ini pertama kali kita laksanakan, kebijakan ini diterapkan sebagai langkah guna mengukur kemampuan peserta didik selama pembelajaran di rumah dalam rangka penerapan physical distancing," tukasnya.
Terpisah, Panitia PAT Online MAN Kapuas, Bambang Irwandi mengatakan PAT dilaksanakan oleh siswa di rumah masing-masing melalui gawai atau smartphone maupun laptop yang terhubung ke internet.
"Sebelummya kami sudah melakukan persiapan untuk PAT daring ini dengan menggelar simulasi terlebih dulu," tukasnya.[zulkifli]
loading...
TAG