Harlah Pancasila, Semangat Gotong Royong Cegah Covid-19

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Tak sekedar memperingati, momen Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, sejatinya bisa dijadikan semangat bergotong royong. Tak terkecuali dalam mencegah penyebaran Covid-19.
Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja hari lahir Pancasila juga perlu dijadikan semangat bergotong royong dalam mencegah penyebaran Covid-19.
"Karena dalam idiologi Pancasila tersebut, selain sebagai dasar negara, juga tersimpan semangat gotong royongnya," terangnya kepada metroKalimantan.com, Rabu (3/2/2020).
Legislator yang akrab disapa Besbes mengatakan, sebagai warga negara yang baik, hendaknya mampu memaknai dan memahami falsafah Pancasila, dengan cara menjaga jiwa dasar Pancasila yang berasal dari budaya asli Negara Indonesia, yaitu kegotongroyongan.
Saat ini di berbagai belahan negara-negara di dunia sedang bertarung melawan penyebaran pandemi Covid-19 yang mematikan. Bahkan telah menyebar pula di negara Indonesia.
"Dengan semangat gotong royong itulah kita bersama mencegah penyebaran virus Corona," imbuhnya.
Dengan cara, lanjut Anggota DPRD dari Dapil II Barsel ini, harus menumbuhkan roh patriotisme dan nasionalisme bagi putra dan putri Indonesia, baik di kalangan tingkat pelosok hingga perkotaan.
Dengan semangat Pancasila yang terus terjaga sebagai dasar negara, menjadi percontohan bagi negara lain dalam melawan penyebaran virus mematikan ini.
Kegotongroyongan merupakan sifat dasar budaya bangsa dalam menyelesaikan suatu persoalan, baik permasalahan kecil hingga hal besar dengan menjunjung tinggi musyawarah untuk mencapai mufakat.
"Karena idiologi Pancasila sebagai dasar negara kita, telah terbukti dapat mempersatukan bangsa di tengah keanekaragaman kultur budaya serta adat istiadat yang berbeda pula dalam bingkai Bhinika Tunggal Ika," jeas politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.
Semangat Pancasila, sambungnya, hendaknya diterapkan dengan baik guna menangkal segala isu-isu intoleransi, terorisme dan radikalisme di negara ini.
Wakil rakyat ini berharap selalu mengikuti imbauan atau anjuran pemerintah, menjaga jarak, berperilaku bersih dan sehat, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.
"Juga mengenakan masker saat beraktivitas keluar rumah atau bekerja, dan jangan keluar rumah apabila tidak ada keperluan penting," tutupnya.[deni]

loading...
TAG