Di Tengah Covid-19, PAT MIN 1 Kapuas Berjalan Lancar

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ulangan atau yang kini disebut Penilaian Akhir Tahun (PAT) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kapuas unit 1 tampak berjalan lancar, meski kini berada di tengah pandemi Virus Corona. PAT sendiri merupakan kali pertama.
"Pada hari pertama Senin 8 Juni, PAT MIN 1 Kapuas kelas 1 sampai 5 berjalan aman dan lancar. Kendala pada hari kedua ada gangguan jaringan, tapi kami longgarkan waktu sampai signal kembali normal," ungkap Pahriati, guru di MIN 1 Kapuas, Selasa (9/6/2020).
Dikatakannya, dari 373 siswa kelas 1 sampai kelas 5 ada 21 siswa yang melaksanakan PAT secara manual. Ini dikarenakan tidak memiliki gawai atau ponsel pintar.
"Untuk siswa yang melaksanakan manual, soal diambil oleh orang tuanya setiap hari dan dikembalikan beserta jawabannya sesuai waktu dan jadwal dan semua dikerjakan di rumah," terangnya.
Menurut Pahriati, PAT kali ini dilakukan dengan sistem online atau daring. Ini sesuai imbauan pemerintah yakni work from home (WFH) dan study from home (SFH) sebagai penerapan physical distancing sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.
Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi guru dan peserta didik untuk mengakrabi perangkat teknologi. Dengan demikian, proses belajar di rumah yang saat ini sedang dilakukan para siswa tidak mengurangi esensi sebuah pembelajaran.
"Guru dan siswa masih bisa berinteraksi dan belajar bersama, selain itu juga sudah menjadi tuntutan jaman serba online jadi kita harus beradaptasi," tukasnya.[zulkifli]

loading...
TAG