Usai Tracking Ulang 6 Berstatus ODP, Ini yang Dilakukan dr Endah...!

Print Friendly and PDF

PULANG PISAU - Perjuangan para tim medis di Pulang Pisau, dalam penanganan Corona Virus Disease atau Covid-19 tentunya perlu diacungi jempol. 

Sebab, dalam penanganan Covid-19 di kabupaten berjuluk bumi Handep Hapakat ini pihaknya tidak sedikit pun gentar saat berhadapan langsung, baik dengan kasus orang dalam pemantauan atau ODP, atau dengan pasien dalam pengawasan atau PDP.

Bahkan, termasuk dalam menangani kasus pasien Positif Covid-19.

Seperti dilakukan Kepala Puskesmas Pulang Pisau, dr Endah Hastari Ningsih. Dirinya yang tergabung dalam tim Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau, tak sedikit pun merasa khawatir untuk melakukan penanganan terhadap kasus-kasus Covid-19, baik yang berstatus ODP, PDP bahkan positif Corona.

"Meski begitu, kita tetap menjalan protokol kesehatan seperti yang sering kita imbau ke masyarakat. Kalau, khusus tim medis Covid-19 kita menggunakan alat pelindung diri atau APD lengkap saat melakukan penanganan," ujar dr Endah kepada sejumlah wartawan di posko induk Covid-19 Pulang Pisau, Senin (4/5/2020).

Kemudian lanjut dr Endah, dirinya sesudah dan sebelum melakukan penanganan terhadap orang terpapar Covid-19, langsung melakukan penyemprotan badan sebagai bentuk antisipasi melekatnya virus yang saat ini tengah mewabah disejumlah negara, termasuk Indonesia.

"Hari ini saya bersama tim medis lainnya melakukan tracking ulang ke sejumlah orang berstatus ODP yang sebelumnya selesai masa pemantauan, tapi kembali dilakukan tracking," tuturnya.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan terhadap dirinya itu dilakukannya tidak lain upaya sterilisasi pasca melakukan tracking ke 6 orang ODP yang telah usai masa pemantauan.

"Tracking ke 6 orang ODP yang sudah usai masa pemantauan ini dilakukan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir. Kita berharap semoga wabah ini cepat berlalu," tutupnya.[manan]

loading...
TAG