Update Covid-19 Kalteng, 1 Positif, 1 Sembuh

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dari data yang dikeluarkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng),  Jumat (8/5/2020), mencatat terjadi peningkatan pada kasus positif dan pasien sembuh dari Covid-19.
Total kasus positif di wilayah Kalteng saat ini mencapai 189 orang. Terjadi penambahan pada pasien positif dalam 24 jam terakhir sebanyak 1 orang di Bumi Tambun Bungai tersebut.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, H Sugianto Sabran mengungkapkan, penambahan 1 pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir, merupakan distribusi dari Kabupaten Murung Raya. Saat ini, pasien menjalani perawatan di RS Siloam Palangka Raya.
Tidak hanya mengalami peningkatan pada kasus positif Covid-19, dalam 24 jam terakhir juga turut terjadi peningkatan pada pasien sembuh dari Covid-19. Diketahui, 1 pasien tersebut merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.
"Dengan adanya peningkatan pada kasus positif dan pasien sembuh dari Covid-19, berdasarkan data sampai saat ini yakni total kasus positif sebanyak 189 orang, masing-masing 152 orang masih dalam perawatan, 30 orang dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia," ungkapnya.
Diuraikannya lebih lanjut, sebanyak 152 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSDS Palangka Raya 75 orang.

Kemudian di RSSI Pangkalan Bun 29 orang, RSUD Murjani Sampit 14 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 6 orang, RSUD Puruk Cahu 9 orang, RSUD Ulin Banjarmasin 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 17 orang dan RSUD Lamandau 1 orang.
Dengan terjadinya penambahan pada kasus pasien sembuh dari Covid-19, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 30 orang. 
Dari 30 orang yang dinyatakan sembuh, 17 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 2 orang yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil dari RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan 11 lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.
Tidak hanya kasus positif maupun sembuh yang turut meningkat, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng pun turut mengalami penambahan dalam 24 jam terakhir sebanyak 5 orang sehingga menjadi 60 orang saat ini.
Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 15 orang, Kabupaten Barito Utara 2 orang, Pulang Pisau 3 orang, Katingan 8 orang, Kapuas 7 orang.
Juga dari Barito Timur 2 orang, Barito Selatan 7 orang, Seruyan 2 orang, Gunung Mas 7 orang, Lamandau 1 orang, Murung Raya menjadi 3 orang, Timur 1 orang dan Kabupaten Sukamara 2 orang saat ini.
Pun demikian dengan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini juga mengalami penambahan pada jumlahnya dari hari kemarin. Jumlah ODP hingga saat ini menjadi 263 orang.
"Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR, yakni di RSUD Palangka Raya sebanyak 230 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani," tandasnya.
"Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan, yakni di RSDS berjumlah 103 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 77 orang, RSUD Murjani berjumlah 9 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang," timpalnya.[kenedy]
loading...
TAG