Untuk Keamanan Pengendara, PU Rapikan Pohon Peneduh Median Jalan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Respon cepat dilakukan Dinas PUPRPKP Bidang Pertamanan Kabupaten Kapuas, merapikan tumbuhan dan pohon pada median jalan di kawasan Jalan Pemuda Kuala Kapuas.
"Secara rutin memang kami lakukan perawatan dengan merapikan keberadaan tumbuhan dan pohon peneduh pada median jalan," kata Sulis Kabid Pertamanan DPUPRPKP Kapuas, Senin (19/5/2020).
Keberadaan tumbuhan dan pohon pada median jalan, lanjut dia, sebagai peneduh dan penahan sinar matahari yang memiliki fungsi ekologis serta untuk mempercantik kawasan jalan.
Sebelumnya Anggota DPRD Kapuas Rahmat Jainudin meminta dinas terkait melakukan penanganan pohon peneduh di sepanjang median Jalan Pemuda Kuala Kapuas, khususnya yang berada sekitar tikungan, guna keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.
Kondisi pohon peneduh yang mulai tinggi dan rimbun dianggap mengganggu jarak pandang mata penguna jalan dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.
"Kami sudah koordinasikan dengan Dinas terkait agar keberadaan tanaman dan pohon peneduh dirapikan agar tidak mengganggu jarak pandang pengendara," kata Jainudin.
Ketua Komisi III DPRD Kapuas ini mengatakan, jika jarak pandang terhalang rimbun pohon peneduh, rambu lalu lintas tak terlihat ini demi keselamatan para pengguna jalan.
"Perapian tanaman tersebut guna keamanan pengendara agar tidak terhalang jarak pandang," tukasnya.[zulkifli]

loading...
TAG