May Day, Perusahaan dan Buruh Harus Diposisikan Sebagai Mitra Bisnis

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Hari Buruh Internasional atau disebut May day selalu diperingati setiap 1 Mei. Sejatinya momen ini bisa memaknai peran buruh dan pengusaha sebagai mitra bisnis.
Untuk itu, Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel), H Raden Sudarto, Sabtu (2/5/2020) meminta agar aksi para pekerja dalam memperingati hari buruh di Kabupaten Barsel jangan ditunggangi dengan muatan politis. Apalagi digiring kepada politik praktis yang hanya mementingkan kelompok tertentu.
"Insya Allah kita (DPRD) tetap konsisten untuk memperjuangkan nasib para kaum buruh, sebagaimana yang disuarakan di tiap daerah di Barsel," ujar Raden kepada metrokalimantan.com.
Ia berharap ada keseimbangan hubungan harmonisasi antara pemerintah daerah, perusahaan dan buruh agar tercipta kondisi yang mutualisme atau saling menguntungkan bersama tanpa diskriminasi.
"Perusahaan dan buruh harus ditempatkan sebagai mitra bisnis yang saling menguntungkan, karena tanpa buruh perusahaan bukanlah apa apa," jelas pria yang akrab disapa Haji Alex ini.
Untuk itu, Ia mengimbau kepada seluruh perusahaan dan pemerintah agar memperhatikan nasib para buruh.
"Saya mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional, semoga Hari Buruh dimaknai sebagai sebuah gerakan moral untuk memperjuangkan nasib buruh," tutup politikus PDIP ini.[deni]
loading...
TAG