Legislator Ini Sarankan Dinkes Bentuk Tim Medis Khusus

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Masih dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, Anggota DPRD Kapuas, Kunanto menyarankan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas agar membentuk tim medis khusus di internal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kapuas.

"Hal ini agar ada perbedaan tenaga medis yang melayani masyarakat umum dan masalah Covid-19," ujar Kunanto, melalui telepon selular, Jumat (8/5/2020).

Wakil rakyat dari Partai NasDem ini menjelaskan, tenaga medis yang tergabung dalam Gugus Tugas perlu diumumkan. Kemudian tenaga kesehatan yang melayani masyarakat di rumah sakit dan Puskesmas diharapkan bukan termasuk tim khusus itu.

Anggota Komisi IV yang juga membidangi kesehatan ini menerangkan, terkait penanganan Covid–19, selayaknya dicarikan tempat karantina khusus untuk para medis.

"Mereka juga harus mendapatkan fasilitas memadai hingga asuransi demi jaminan hidup. Jangan sampai masyarakat cemas periksa kesehatan, karena tidak tahu yang mana tenaga medis yang masuk tim Gugas atau tidak. Tim medis Gugas segera dibentuk dan diumumkan,” paparnya.

Menurut Kunanto, apabila tenaga medis yang kemungkinan terpapar, harus ditangani oleh tim medis Gugus Tugas Covid-19. 

Sehingga dokter, perawat dan bidang yang melayani masyarakat benar-benar dipilih yang bukan tim medis tergabung dalam Gugas.

“Untuk tim medis khusus perlu diperhatikan jaminan yang layak. Karena risiko bekerja menghadapi penderita Virus Corona sangat besar," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG