Hardiknas Punya Nilai Sejarah Penting

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Aktualisasi nilai-nilai pendidikan sejatinya terkandung dalam Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Karena itu, momen ini tak boleh hanya menjadi peringatan seremonial belaka.
"Selamat Hari Pendidikan Nasional, 2 mei 2020. Di momen ini saya ingin Pemkab Barsel mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Hardiknas," tutur Ensilawatika Wijaya, Anggota DPRD Barito Selatan kepada metrokalimantan.com, Sabtu (2/5/2020)
Menurutnya, Hardiknas punya nilai sejarah penting, pendahulu kita Ki Hajar Dewantara telah berkorban untuk memajukan pendidikan di masanya.
Bangsa Indonesia, lanjutnya, mengalami polemik pendidikan luar biasa pada masa penjajahan. Jangankan untuk sekolah menuntut ilmu, menyelamatkan nyawa di masa peperangan itu saja sudah sulit.
"Sekolah di masa dulu berbeda dengan sekarang, saat ini semua serba mudah tapi banyak siswa yang tidak memanfaatkan fasilitas dengan baik," ungkap politikus PDIP ini.
Ia mengatakan, problem pendidikan yang sekarang ini kerap kali terjadi sudah saatnya untuk diselesaikan. Problem pendidikan yang dimaksud meliputi banyaknya anak putus sekolah, mahalnya pendidikan yang tidak bisa dijangkau semua kalangan, dan beberapa masalah pendidikan lain.
"Semua masalah pendidikan harus segera diselesaikan, jangan dibiarkan tak teratasi," imbuhnya.
Mendalami nilai-nilai untuk mengatasi problem pendidikan, Ensilawatika berharap ke depan tidak ada lagi problem pendidikan yang muncul.[deni]

loading...
TAG