Hardiknas, Bergotong Royong Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini sejatinya menjadi penyemangat belajar dan mengajar di kalangan insan pendidikan, baik guru maupun siswa. Tak terkecuali di tengah pandemi Covid-19.
"Selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh insan pendidikan, baik para guru maupun seluruh siswa. Hari penting ini kita peringati di tengah keprihatinan pandemi COVID-19," ucap Ketua Komisi lll DPRD Barito Selatan (Barsel), H Zainal Khairuddin kepada metrokalimantan.com, Sabtu (2/5/2020).
Menurutnya, sejak awal pandemi pemerintah telah meniadakan kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Kemudian menggantinya dengan belajar dan mengajar dari rumah. Hal ini bagian dari upaya mencegah penyebaran virus Corona.
"Ini menunjukkan pendidikan tetap menjadi hal yang sangat penting di segala situasi, termasuk pada masa pandemi, tidak menyurutkan semangat insan pendidikan bekerja mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembelajaran dari rumah lewat fasilitas digital," ujarnya.
Untuk itu, politisi PPP ini menyampaikan terima kasih kepada para pendidik yang telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Bahkan, pada masa pandemi, para pendidik tetap mengontrol pendidikan para pelajar di rumah melalui pembelajaran berbasis digital.
"Selain itu, para pendidik juga menjalin komunikasi intensif dengan para orangtua untuk memantau perkembangan belajar anak," tuturnya.
Ini sekaligus makin memperkuat modal sosial di lingkungan pendidikan, yakni orangtua dan guru saling dukung demi anak-anak tercinta.
Zainal mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberi pelajaran berharga bagi semua pihak, di antaranya tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.
"Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini," ungkapnya.
Selain itu, juga tentang pentingnya gaya hidup sehat yang harus ditanamkan sejak dini, termasuk membudayakan memakai masker.
"Sekali lagi, selamat Hardiknas. Mari terus bergotong royong mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak generasi unggul, beriman, berdaya saing global, berkebudayaan, dan menghargai perbedaan," katanya.[deni]

loading...
TAG