Dinsos Kapuas Mantapkan Peran Penting Tagana Andil Tangani Covid-19

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Tak banyak yang tahu peran Taruna Siaga Bencana (Tagana) turut andil dalam upaya penangangan wabah virus Corona. Seperti halnya puluhan relawan sosial Tagana di bawah Dinas Sosial (Dinsos) Kapuas, mereka berperan aktif membantu  pemerintah daerah dan masyarakat.
Tak hanya saat bencana alam, di saat wabah Covid-19 yang kini berlangsung pun mereka seperti tak kenal lelah mengorbankan waktu dan tenaga dari mulai 
mengelola dapur umum, andil membantu persiapan pemakaman jenazah Covid-19 hingga memberikan edukasi kepada warga tentang pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.
"Di bawah Dinas Sosial para relawan Tagana mengelola dapur umum untuk para petugas Posko dan petugas keamanan rumah karantina menyiapkan konsumsi mereka," kata Rahmadi Koordinator Tagana Kapuas, Sabtu (16/5/2020).
Tugas sosial itu mereka lakukan sejak wabah mulai masuk hingga Kapuas menjadi zona merah dan ditetapkan status tanggap darurat.
Para relawan ini juga membantu dalam mempersiapkan peti jenazah jika ada yang meninggal dunia. Namun untuk teknis pemakaman  diserahkan kepada tim Gugus Tugas sesuai protokol Covid-19.
Terpisah, Kepala Dinsos Kapuas Budi Kurniawan mengatakan, peran fungsi Tagana pada masyarakat perlu dilakukan. 
"Agar masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Tagana sebagai pembantu masyarakat," kata Budi.
Tagana, lanjutnya, merupakan relawan sosial yang dilatih dan difasilitasi dalam penanggulangan bencana, termasuk dalam bencana non alam.[zulkifli]

loading...
TAG