Bersama Gugus Tugas Pulpis, Kodim 1011 Gelar Simulasi Pemakaman

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU, MK - Sejumlah personel TNI dari Kodim 1011/Klk bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau menggelar simulasi pemakaman jenazah orang terdampak Covid-19 di Pulang Pisau, Kamis (14/5/2020).
Koordinator Bidang Operasi Penanganan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pulang Pisau, yang juga Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1011/Klk, Mayor Inf Mulyadi, mengatakan, simulasi pemakaman jenazah Covid-19 yang digelar ini dilakukan untuk melatih kemampuan dan kesiapsiagaan petugas saat mendapati kasus orang meninggal dunia akibat terdampak Covid-19. 
"Tapi kegiatan ini tentunya kita tidak mengharapkan adanya korban meninggal akibat Covid-19. Simulasi ini sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi meninggalnya orang yang terdampak Covid-19, jari kita sudah siap," ucap Mulyadi kepada sejumlah wartawan di Pulang Pisau.
Diterangkan Mulyadi, sebelum simulasi pemakaman jenazah dilaksanakan, pihaknya  terlebih dahulu diberikan tutorial protokol pemasangan dan pelepasan alat pelindung diri atau APD kepada tim yang dilalukakan oleh Hendrawan, dari Dinas Kesehatan Pulang Pisau.
"Semua anggota yang bertugas dalam simulasi pemakaman menggunakan APD lengkap, mulai dari pakaian APD, sarung tangan, masker, sepatu dan juga kacamata google medis," terangnya. 
Sementara, simulasi pemakaman jenazah Covid-19 sendiri dimulai dari Kantor Koramil Kahayan Hilir, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan peti jenazah di RSUD Pulang Pisau, untuk kemudian dilakukan simulasi pemakaman di lokasi pemakaman.[manan]
loading...
TAG