Bantuan Cadangan Beras Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sudah mulai menyalurkan bantuan cadangan beras ke warga terdampak Covid-19 di kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini.

Penyaluran perdana dilakukan oleh Bupati Pulang Pisau, yakni H Edy Pratowo kepada warga Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (6/5/2020) di balai desa setempat.

Dirinya menyerahkan bantuan beras itu secara simbolis yang diterima langsung oleh Kepala Desa Mentaren II, yakni Agus Imam Murdiyanto.

Bupati Edy yang turut didampingi Kepala Dinas Sosial Drs Eknamensi Tawun dan Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai menyebutkan bahwa untuk warga Desa Mentaren II ini mendapatkan bantuan sebanyak 773 kilogram beras untuk 138 jiwa yang terdata terdampak secara langsung Covid-19, baik berstatus ODP, PDP maupun Positif.

"Bantuan ini didistribusikan sesuai dengan kuota berdasarkan pendataan korban terdampak langsung Covid-19 yang sudah dilakukan sebelumnya oleh tim Gugus Tugas untuk meringankan beban kebutuhan pangan keluarga, khususnya korban yang terdampak Covid-19 baik yang berstatus ODP, PDP maupun Positif," ungkapnya 

Kemudian pada kesempatan itu, Bupati Edy menyampaikan kepada Camat, Lurah maupun bahwa pihanya punya peran strategis untuk mendistribusikan bantuan tersebut berdasarkan pendataan yang sebelumnya telah dilakukan.

"Kades, Lurah, Camat punya peran strategis dalam pendistribusian kepada masyarakat, saya ingatkan agar tidak melanggar amanah yang telah diberikan, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini," tegasnya.

Kemudian dirinya kembali meminta kepada masyarakat untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah dalam menjalankan Protokol Kesehatan sehari-hari dimasa pandemi Covid-19 ini.

Sementara, disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pulang Pisau, Drs Eknamensi Tawun, penyerahan bantuan ini merupakan tahap pertama berdasarkan data yang masuk dari posko Gugus Tugas Covid-19 per 17 Maret hingga 26 April 2020 mendatang.

Dalam penyaluran ini, sebanyak 412 jiwa yang terdampak langsung untuk jangka waktu selama 14 hari, dengan jumlah beras sebanyak 2.307 kilogram.

"Dan hari ini telah dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bapak Bupati di Desa Mentaren, yang selanjutnya akan dilanjutkan ke daerah lainnya di Kabupaten Pulang Pisau," katanya dengan cukup singkat.[manan]

loading...
TAG