1 PDP Asal Bahaur Dirawat di Gedung Kristiani Center

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Akhirnya gedung Kristian Center yang sebelumnnya dicanangkan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sebagai tempat atau wadah karantina untuk orang terdampak Covid-19, kini sudah dapat direalisasikan.

Hal itu dibuktikan Pemkab setempat dengan adanya salah satu orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan atau PDP yang saat ini tengah ditampung di tempat karantina dimaksud, yakni Kristiani Center.

"Kita bersyukur gedung Kristiani Center sudah selesai dipersiapkan dan sudah bisa difungsikan sebagai rumah karantina Covid-19 di Pulpis, dan sudah digunakan untuk menampung satu orang PDP baru," ucap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo kepada sejumlah awak media (9/5/2020) sekitar pukul 18.55 WIB.

Diterangkan dr Mul, 1 orang PDP baru itu merupakan warga Desa Bahaur Hulu Permai, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau.

"Pasien ini dijemput langsung oleh tim Gugus Tugas Pulpis di rumahnya, dan langsung dibawa  ke RSUD, kemudian dibawa ke rempat isolasi dan karantina, yakni di Kristiani Center," terang dr Mul.

Meski sifatnya juga sementara, lanjut dr Mul, pihaknya dalam beberapa waktu terakhir, baik tim Gugus Tugas, dinas teknis dan pihak terkait lainnya terus saling berkoordinasi dalam upaya merampungkan kesiapan Gedung Kristian Center untuk bisa segera digunakan sementara sebagai rumah singgah atau rumah karantina Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau.

"Terkait satu orang PDP asal Bahaur ini dari hasil rapid tes, hasilnya reaktif. Oleh karena itu kami langsung mengambil tindakan sesuai protokol kesehatan yang berlalu untuk mengkarantina pasien, meski pasien tersebut belum dipastikan positif Covid-19," ungkapnya.

Kemudian tambah dr Mul, pihaknya kembali menegaskan bahwa reaktif ini bukan berarti positif Corona virus, tapi itu merupakan diagnosa awal untuk mengetahui imunitas tubuh seseorang.

"Karena untuk mengetahui seseorang positif terpapar corona virus itu diperlukan tes lanjutan, yakni dengan tes swab. Jadi, kami mohon masyarakat tetap tenang dan jangan panik secara berlebihan dalam menyikapi hal ini, tapi tetap jalankan protokol kesehatan," pungkasnya.

Sementara, dengan adanya 1 orang PDP baru asal Desa Bahaur Hulu Permai ini, maka total PDP di Pulang Pisau menjadi 4 orang, yakni  2 orang sedang menjalani perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangkaya, 1 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau, dan 1 orang lagi dirawat di Rumah Singgah Covid-19 Kristian Center Pulang Pisau.

Sedangkan untuk positif covid-19 tidak mengalami penambahan maupun pengurangan, masih 5 orang. 1 orang diantaranya telah sembuh, dan 4 orang masih dalam perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya.[manan]

loading...
TAG