Vicon, Pemkab Barito Utara Siap Ikuti Arahan Pusat

Print Friendly and PDF
MUARA TEWEH - Guna memastikan program percepatan penanganan Covid-19 terlaksana di daerah, Pemerintah Pusat melaksanakan video conference bersama kepala daerah di seluruh Indonesia. 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah dan undangan terkait lainya turut mengikuti video conferance yang dilaksanakan di Ruang Rapat  Setda lantai II Muara Teweh, Kamis (9/4/2020).
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan, pelaksanaan rapat koordinasi via teleconfarance ini sebagai upaya untuk memastikan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait program percepatan penanganan Covid-19.
Lebih lanjut Ia dikatakan, semua daerah diharapkan dapat mengambil peran dalam rangka untuk menjaga daerahnya masing-masing, termasuk mencukupi kesediaan sarana dan prasarana kesehatan.
"Dalam hal ini kita perlu memperkuat sistem kapasitas kesehatan didaerah masing-masing mengantisipasi bila terjadi kelonjakan penularan Covid-19 serta yang lebih penting adalah kesiapan pangan," jelas Tito Karnavian.
Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan intruksi Presiden bahwa semua sisi belanja harus mengalami perubahan. Saat ini pemerintah pusat dan daerah memfokuskan 3 hal. 
Pertama, lanjutnya, pada bidang kesehatan untuk menolong rakyat menjaga keselamatan rakyat dan mempersiapkan rumah sakit termasuk APD. 
Kedua, Pemerintah Pusat sudah menyiapkan anggaran Rp110 triliun rupiah berupa bantuan sosial termasuk penggratisan PLN dan pemberian bantuan sembako kepada warga tidak mampu, dan terkahir yakni menjaga dunia usaha agar mereka bisa bangkit kembali.
Bupati Barito Utara, H Nadalsyah usai pelaksanaan video conference mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Barito Utara siap mengikuti arahan pusat berkenaan dengan percepatan  penanganan covid-19 ini. 
Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung percepatan penanganan wabah virus corona ini. Bupati meminta masyarakat Barito Utara tidak perlu takut akan kesedian pangan.
"Saat ini Pemkab Barito Utara sedang mendata penerima sembako bagi yang kurang mampu, semua akan didistribusikan kepada yang berhak menerimanya," jelas Nadalsyah.
Terakhir, Bupati mengharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan seperti mencuci tangan pakai sabun dan menerapkan Phsycal Distacing. 
"Mari lebih disiplin, ikuti arahan pemerintah guna bersama memutus peyebaran virus Corona ini," tutup Nadalsyah.[ruhui/adv]
loading...
TAG