Saatnya Mengurangi Penggunaan Bahan Plastik

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Bahan plastik terbukti mengandung sintetik kimiawi yang tanah pun butuh ratusan tahun untuk bisa mengurainya. Tepat jika penggunaan berbagai wadah berbahan plastik untuk dikurangi.
Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Tri Wahyuni mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan bahan plastik. Bahan plastik ini memerlukan waktu ratusan hingga ribuan tahun baru bisa musnah.
“Bayangkan dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik, maka anak cucu kita di masa mendatang yang akan terdampak,” ungkapnya kepada metrokalimantan.com, Kamis (2/4/2020).
Politisi PDIP ini mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari pemerintah, pihak swasta, hingga masyarakat sendiri untuk mulai meningkatkan kesadaran membatasi penggunaan bahan plastik. 
Hal ini dilakukan agar pencemaran air dan tanah akibat sampah plastik tidak terus meningkat.
"Sumber sampah plastik terbesar berasal dari aktivitas rumah tangga. Kegiatan kita sehari-hari yang menggunakan kantong belanjaan plastik," ucap Tri.
Ia juga mejelaskan, kemasan makanan dan minuman plastik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran lingkungan akibat plastik.
"Kami menghimbau masyarakat bisa meminimalisir penggunaan plastik dengan membawa tempat khusus, misalkan tas kain atau yang lebih tradisional lagi seperti menggunakan bakul saat berbelanja," pungkasnya.[deni]
loading...
TAG