Pemegang Kartu Prakerja Harus Konkret dengan Kondisi Riil

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Tepat sasaran, itulah yang diharapkan ketika ada program baru dari pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat. Tak terkecuali dengan program Kartu Prakerja yang baru dibuka pemerintah.
Karena itu, pemberian kartu Prakerja bagi pencari kerja harus tetap sasaran. Termasuk juga bagi pencari kerja di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng).
“Kami minta nantinya kartu Prakerja yang diberikan kepada masyarakat yang belum mendapat pekerjaan benar-benar yang berhak," tutur Wakil Ketua  DPRD Barsel, Enung Irawati kepada metrokalimantan.com, Selasa (21/4/2020).
Enung tak ingin pemberian fasilitas program Prakerja ini tidak tepat sasaran. "Bukan yang sudah kerja tapi ngakunya belum kerja. Harus ada data konkret jumlah pengangguran di Barsel dan yang berhak menerima kartu tersebut,” imbuhnya.
Menurut Enung, perlu adanya pengawasan dari beberapa pihak sebagai antisipasi kemungkinan adanya penyelewengan pemberian kartu Prakerja tersebut. 
Memang niat pemerintah baik, yaitu membantu menyejahterakan bagi pencari kerja di Barsel ini dengan memberikan subsidi bagi yang belum mendapat kerja. 
"Tapi harus benar-benar tepat sasaran," tegasnya.
Di awal tahun 2020, Presiden RI Jokowi memerintahkan pembagian kartu Prakerja sudah mulai dilaksanakan Januari 2020 ini. 
"Pemegang kartu Prakerja nantinya dapat memilih langsung bidang pelatihan atau kursus yang diminati, melalui platform digital dari pemerintah," jelas Enung.[deni]

loading...
TAG