PDP Covid-19 di Kalteng Diyakini Sembuh 100 Persen

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang saat ini sedang dirawat di RS Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) berpeluang sembuh tanpa masalah apapun.
Keyakinan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, dr Suyuti Syamsul, Kamis (2/4/2020) malam.
Ia meyakini hampir 100 persen PDP yang saat ini sedang menjalani perawatan akan sehat atau sembuh sempurna tanpa mengalami cacat dan gangguan-gangguan lain.
Ia menjelaskan, pihaknya baru saja menerima bantuan dari Kementerian Kesehatan berupa tablet anti virus.
"Kami berpesan kepada seluruh masyarakat Kalteng agar tetap menjaga kesehatan, kiranya wabah pandemi ini dapat segera berakhir, sehingga kita dapat beraktivitas secara normal kembali," imbuhnya.
Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, Leonard S Ampung menyampaikan perkembangan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng sampai Kamis 2 April 2020 sore berjumlah 652 orang. 
Dalam hal ini, ODP mengalami penambahan sebanyak 44 orang, di mana data pada hari sebelumnya berjumlah 608 orang.
Sebaran kasus ODP di Kalteng berada di sejumlah wilayah, diantaranya Kota Palangka Raya 197 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 129 orang, Seruyan 31 orang, Kotawaringin Timur 60 orang, dan Barito Selatan 41 orang.
Selanjutnya Lamandau 47 orang, Kapuas 19 orang, Katingan 42 orang, Sukamara 9 orang, Barito Utara 20 orang, Barito Timur 14 orang, Murung Raya 14 orang, Pulang Pisau 24 orang dan Kabupaten Gunung Mas ada 5 orang.
Lebih lanjut disampaikan, jumlah kasus PDP di Kalteng mengalami penambahan sebanyak 6 orang sehingga total kasus berjumlah 40 orang.
PDP yang sedang menjalani perawatan di RS rujukan yakni terbanyak di RS Doris Sylvanus berjumlah 33 orang, RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun berjumlah 5 orang, RS Jaraga Sasameh Buntok 1 orang dan RS dr Murjani Sampit berjumlah 1 orang.
"Jumlah positif Covid-19 per 2 April 2020 tetap berjumlah 8 orang. Perlu kami sampaikan juga bahwa hari ini total kasus positif masih 10 orang, didalam perawatan ada 8 orang, kemudian sembuh 2 orang," ungkapnya.
Menurut Leonard, konfirmasi hasil laboratorium PDP Covid-19, di RSUD Palangka Raya sebanyak 44 orang dinyatakan negatif dan RSSI Pangkalan Bun sebanyak 9 orang yang dinyatakan negatif. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan di antaranya di RSDS berjumlah 33 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 3 orang.
Distribusi PDP dari masing-masing daerah di antaranya Kota Palangka Raya 24 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang, Barito Selatan 1 orang, Barito Utara 3 orang, Murung Raya 1 orang, Sukamara 1 orang Kabupaten Kapuas 3 orang, Kotawaringin Timur 2 orang dan Kabupaten Barito Timur 1 orang.
"Untuk wilayah karantina ODP dan PDP di Kalteng sudah disiapkan secara khusus yakni untuk ODP di Hotel Dandang Tingang Palangka Raya sedangkan PDP dipusatkan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kalteng," tandasnya.[kenedy]
loading...
TAG