Masuk Zona Merah, Bupati Ben Kembali Beri Imbauan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kini sudah masuk zona merah copid-19, setelah sebelumnya satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.
Mengantisipasi merebaknya penyebaran SARS-CoV-2 atau virus corona di wilayah ini Pemerintah Kabupaten, dalam Hal ini Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kapuas kembali menyampaikan imbauan kepada masyarakat.
Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat bersama Unsur Forkopimda, Kemenag Kapuas, Ketua Ormas Keagamaan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah serta tokoh agama menyampaikan langsung poin-poin penting imbauan tersebut, Senin (13/4/2020) di halaman Masjid Agung Al Mukarram, Komplek Islamic Center, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Dalam imbaun itu disampaikan, untuk sementara waktu setiap masjid dan segenap umat Islam di Kapuas agar tidak menyelenggarakan salat Jumat dan menggantikannya dengan melaksanakan salat zuhur di rumah masing-masing sampai keadaan sudah dipastikan aman dan akan diberitahukan kembali
"Diimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan ibadah atau keagamaan atau merayakan hari besar keagamaan yang melibatkan banyak orang untuk mencegah potensi penyebaran penyakit khususnya virus Corona," kata Ben.
Masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak dan terus meningkatkan pola hidup sehat serta mendekatkan diri kepada Tuhan dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya dan membaca amalan lainnya tentang memohon kepada Tuhan agar musibah ini cepat berlalu.
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kapuas, H Junaidi menambahkan, seruan ini disampaikan berdasarkan hasil pertemuan Pemkab Kapuas bersama sejumlah tokoh agama pada 24 Maret 2020.
"Kemudian juga memperhatikan Surat Edaran Dawan Masjid Indonesia, guna pencegahan virus Corona," kata Junaidi.
Selain itu, kata Kadis Kominfo Kapuas ini, seruan itu juga didasari Edaran Menteri Agama, Maklumat Kapolri, Fatwa MUI Pusat serta Edaran Bupati Kapuas dan imbaun MUI Kapuas.
"Ini semua dalam rangka antisipasi dan pencegahan virus corona khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas," tukasnya.[zulkifli]
loading...
TAG