Masa Karantina, Pemkab Kapuas Tanggung Biaya Makan dan Akomodasi ODP

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama menjalani masa karantina tak perlu khawatir untuk memikirkan biaya menginap dan makan selama masa isolasi. Itu karena kebutuhan makan dan akomodasi sepenuhnya ditanggung pemerintah. 
Satgas Pencegahan Covid-19 Pemkab Kapuas melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, saat ini Pemkab Kapuas telah menyediakan hunian layak dan nyaman untuk ODP yang menjalani karantina.
"Untuk makan dan tempat sudah disediakan  bagi mereka ODP yang menjalani karantina," kata Budi, Sabtu (11/4/2020).
Tidak hanya itu, kepada para keluarga ODP yang menjalani isolasi tersebut juga disalurkan bantuan sembako.
Saat ini di Kapuas terdapat 11 ODP yang kini menjalani karantina terpusat. Karantina ini sebagai upaya pencegahan terhadap menyebarnya SARS-CoV-2 atau virus corona. Isolasi dilakukan bagi warga yang terindikasi mengarah ada gejala Covid-19.
Menurutnya, ini dilakukan karena karantina mandiri diragukan apakah benar dilakukan selama 14 hari di rumah, serta berpotensi menularkan di lingkungan keluarga.
"Oleh sebab itu, lebih baik di karantina dan ditangani tim medis lebih akurat apakah negatif dan positifnya," beber Budi.
Mantan Camat Bataguh itu menambahkan, tempat karantina yang disiapkan Pemkab sangat layak dan dijamin kenyamanan bagi warga ODP dan privasi dirahasiakan oleh tim medis.
“Saya berharap masyarakat yang baru datang dari wilayah zona merah Covid-19 untuk segera melaporkan diri ke Gugus tugas agar dilakukan pemeriksaan dan dikarantina,” harapnya.
Hal ini untuk menghindari penyebaran virus baik kepada keluarga maupun orang lain. Sebab  Orang Tanpa Gejala (OTG) juga berpotensi menyebarkan virus corona.[zulkifli]

loading...
TAG