Libur Corona, Saatnya Intensifkan Komunikasi Belajar dengan Anak

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Aktivitas belajar mengajar di sekolah tak terasa sudah dua pekan dihentikan. Kebijakan ini terpaksa diambil pemerintah untuk memutus penyebaran Corona Virus Disease alias Covid-19. 
Di tengah pandemi virus Corona ini, siswa diminta melanjutkan proses pendidikam dengan belajar di rumah. Ini juga dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan kontak dengan banyak orang.
Terkait kondisi ini, Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rida Sri Ahlina, Sabtu (4/4/2020) berharap saat libur Corona ini orangtua bisa menjadi guru yang mengisi kegiatan belajar anak-anaknya di rumah. 
"Anjurannya jangan mengajak anak ke luar rumah. Karena itu, diperlukan berbagai alternatif kegiatan yang bisa dilakukan anak. Jadi pilihannya tak hanya menonton televisi atau bermain gadget," terang Rida kepada metrokalimantan.com.
Menurut politisi Partai Berkarya ini, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan oleh orangtua ketika mendampingi anaknya belajar banyak hal, dari dalam rumah.
Pertama, lanjutnya, yang harus ditanamkan dalam pikiran adalah tidak menganggap kondisi saat ini menjadi sebuah beban.
"Jangan hanya melihat momen ini sebagai beban. Lihatlah sebagai kesempatan untuk menjalin hubungan bersama anak. Jika ada masalah komunikasi, inilah kesempatan untuk mendekatkan orangtua dengan anak," jelasnya.
Selanjutnya, sambung Rida, cobalah untuk bekerja sama dengan anak sebagai tim yang akan saling membantu mencari solusi bersama jika terjadi kesulitan.[deni]

loading...
TAG