Legislator Ini Minta Transparansi Informasi Covid-19

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Transparansi informasi penting dilakukan Gugus Tugas saat menangani Corona Virus Disease atau Covid-19. Ini dinilai penting agar masyarakat atau publik mengetahui dari sumber resmi. 
"Informasi yang transparan tentunya tidak akan menimbulkan berbagai pertanyaan di masyarakat," terang Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto, Minggu (12/4/2020).
Menurut Raden, di setiap tingkatan pemerintahan mulai dari pusat hingga daerah telah terbentuk Gugus Tugas Covid-19, sebagai pemegang mandat penanganan Covid-19.
"Gugus tugas juga harus terbuka menyampaikan status baik menyangkut orang maupun wilayah, sehingga tidak simpang siur dan menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat," tuturnya.
Legislator yang akrab disapa Haji Alex ini mengatakan, saat ini tentu masyarakat merasakan masih ada hal yang perlu diperkuat, yaitu menyangkut edukasi virus Corona.
"Selain soal status orang dan wilayah, juga informasi yang akurat mengenai istilah-istilah Covid-19, seperti apa itu ODP, apa itu PDP, apa itu suspect dan seterusnya. Ini supaya tercipta pemahaman yang utuh di masyarakat," pintanya.
Pemahaman yang tidak utuh atau setengah-setengah, lanjut Raden, dapat menimbulkan misunderstanding di masyarakat dan bisa saja memicu gesekan sosial, seperti penolakan terhadap orang dan tindakan lainnya.
"Karena itu kita harapkan Gugus Tugas dapat memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada masyarakat," ungkapnya.
Raden mengakui Gugus Tugas telah terbentuk pada semua tingkatan pemerintahan, bahkan sampai di tingkat desa dan kelurahan.
"Soal mekanisme atau proses tes yang dilakukan, perlu diinformasikan hasilnya secara terbuka dengan memperhatikan kode etik," tutupnya.[deni]

loading...
TAG