Kurangi Kepanikan Warga, Camat Bawan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Di tengah kepanikan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Banama Tingang (Bawan), Kabupaten Pulang Pisau terhadap wabah Covid-19 yang melanda, tak menyurutkan semangat dan tekad seorang pimpinan untuk memahami betul apa yang mesti dilakukan dalam mencegah penyebaran virus itu.
Di antara upaya yang dilakukan dirinya dengan memberikan tata cara menghindarinya agar masyarakat tidak panik secara berlebihan, namun tetap menjaga protokol kesehatan. 
Sehingga dengan itu, wabah ini dapat putus dengan sendirinya, dan cepat berlalu.
Siapa pimpinan itu? Dia tidak lain adalah Camat Banama Tingang, Sem Hirawan Bodoi atau biasa disapa Sem Bodoi.
Upaya meredam kepanikan masyarakat, dirinya terus melakukan berbagai macam cara, di antaranya melakukan kunjungan ke desa-desa, termasuk ke posko penjagaan.
Juga langsung mendatangi warga dengan menyampaikan sosialisasi sekaligus imbauan kepada warganya agar tidak panik secara berlebihan dalam menghadapi situasi saat ini.
Dikatakannya, setelah adanya 1 orang pasien positif di Banama Tingang ini tentunya sangat berpengaruh bagi masyarakat, terutama dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Alhasil, Sem Bodoi bersama pihak desa dan unsur Muspika di wilayah kecamatan setempat melakukan berbagai upaya guna meredam kepanikan disaat situasi seperti ini.
Menurut Sem Bodoi, dirinya sudah 6 tahun lebih mengabdi sebagai Camat Banama Tingang.
Dengan itu, dirinya sangat memahami betul karakter masyarakat yang dipimpinnya, sehingga pendekatan secara personal perlu dilakukannya.
Dan, alhasil saat ini kondisi kepanikan masyarakat sudah mulai nyaman, aman dan kondusif, karena dilakukan upaya sosialisasi bersama aparat keamanan dengan melibatkan berbagai tokoh masyarakat di wilayahnya.
"Intinya kami sudah dan akan melakukan berbagai upaya sosialisasi ke warga agar kepanikan mereka minimal berkurang. Itu kita lakukan bersama pihak desa dan unsur muspika yang langsung turun lapangan terutama mengecek posko desa Tangkahen, Bawan, Goha dan posko di desa lainnya," tutur Sem Bodoi kepada wartawan media ini, Selasa (28/4/2020).
Dirinya selaku Camat juga selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap tenang namun lebih waspada dengan cara mengikuti berbagai anjuran pemerintah dengan cara melaksanakan protokol kesehatan dan lebih meningkatkan gaya hidup sehat. 
"Sementara bagi pendatang pihak posko selalu melakukan screening dan dicatat identitasnya sebagai upaya pencegahan dini atas penyebaran Covid-19 ini.[manan]
loading...
TAG