Hoaks Corona?, Tri Minta Masyarakat tak Mempercayai Berita Bohong

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Hoaks alias berita bohong seakan tak hentinya menyebar di media sosial. Tak terkecuali hoaks tentang Corona Virus Disease alias Covid-19. 
Terkait kondisi ini, Anggota DPRD Barita Selatan (Barsel), Tri Wahyuni mengimbau masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita yang sumbernya tak jelas, termasuk soal Corona. Karena bisa jadi itu merupakan hoaks atau kabar bohong.
"Bagaimana menghadapi ini, terutama jangan sampai ada kepanikan," tutur Tri kepada metrokalimantan.com, Selasa (7/4/2020). 
Menurut Tri, kepanikan itu sendiri itu menjadi musuh yang bisa menggoncangkan situasi, termasuk juga berita hoaks bisa bikin panik. Sebaiknya warga mendengarkan siaran resmi dari pemerintah.
"Makanya supaya mendengarkan siaran-siaran resmi dari pemerintah," imbuh Tri.
Selain itu, politikus dari partai PDIP ini juga menjelaskan tentang alasan isolasi yang dilakukan terhadap orang yang terjangkit virus Corona.
Menurutnya, isolasi dilakukan untuk pencegahan agar tidak terjadi penularan. Ini juga bagian dari apa yang disabdakan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.
"Kalau tidak keliru, orang yang sakit jangan didekatkan, atau didatangkan kepada orang yang sehat. Orang yang sehat jangan didekatkan kepada orang yang sakit'," paparnya.
Jadi ini penting adanya isolasi. Ini tak lain untuk sama-sama menjaga supaya jangan terjadi menyebarnya wabah yang lebih luas.
"Nah masyarakat harus diberitahu untuk menghindari kontak-kontak tersebut," pungkas Tri.[deni]

loading...
TAG