Ensilawatika Minta Masyarakat Bijak Cermati Pemberitaan Covid-19

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Cermat dan bijak harus dimiliki masyarakat saat mendapatkan informasi seputar Corona Virus Disease alias Covid-19 yang kini berseliweran. Apalagi kini hoaks atau berita bohing begitu mudah menyebar.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Ensilawatika Wijaya meminta masyarakat agar bijak mencermati berbagai pemberitaan terkait wabah virus Corona.
Menurutnya, meski pemberitaan terkait Covid-19 banyak disampaikan di berbagai media, namun tetap perlu pencermatan terkait pemberitaan itu. Karena ada juga tersebar hoaks terkait Covid-19.
“Lantaran itu pentingnya kita sebagai masyarakat yang baik untuk mencermati segala pemberitaan agar tidak mudah terpancing atau tergiring pemberitaan hoaks itu,” tutur Ketua Komisi II DPRD Barsel ini, Selasa (8/4/2020).
Ia menambahkan, bersikap bijak dalam menyikapi segala informasi dapat membantu masyarakat menganalisa pemberitaan dengan baik tanpa mengedepankan emosi, namun hendaknya mendahulukan akal sehat.
Baik itu berhubungan dengan pendidikan, pekerjaan ataupun keagamaan, harus diteliti terlebih dahulu. Jangan sampai terjebak dalam pemikiran yang keliru atau terpengaruh oleh berita bohong terkait Covid -19 itu.
Meskipun dituntut mewaspadai penyebaran Covid -19, hendaknya tetap jangan panik atas segala status penyebarluasan Covid-19 di Kalteng, khususnya di Barsel, guna mencegah rasa panik di masyarakat.
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menambahkan wabah Covid-19 mulai menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Meski demikian, masyarakat diharapkan tetap bijak menyikapi segala kondisi ini.
Selain itu, sambung dia, hendaknya masyarakat patuh pada apa yg dianjurkan pemerintah, sehingga kita terhindar dari virus itu.
“Ini agar tidak menimbulkan kepanikan dan keresahan dari wabah Covid-19 di tengah kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.[deni]
loading...
TAG