Dunia Kerja Harus Gunakan Strategi Tepat

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Persaingan dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Perlu strategi yang tepat untuk bisa masuk dan berkembang terhadap setiap tantangan yang timbul didalam dunia kerja, terlebih bagi mahasiswa maupun para lulusan baru.
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan, setidaknya ada empat hal yang menjadi yang mempengaruhi para generasi muda untuk maju sebagai seorang usahawan. 
Diantaranya, takut dalam memulai usaha. Selain itu keterbatasan modal, inovasi, dan juga niat dalam membangun usahanya. Untuk itu perlu strategi tepat untuk mengatasi hal tersebut.
"Jika solusi tersebut bisa diatasi dengan pemikiran positif dan kreatif yang ditanamkan kepada pada generasi muda sejak dini," katanya, Selasa (31/3/2020).
Karena itu, mereka dapat menyiasati segala kondisi dengan baik. Untuk memberikan pemahaman positif dan kreatif tentunya harus melalui sistem pendidikan dengan kualitas yang baik, sehingga menghasilkan lulusan dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang terbaik juga tentunya.
"Generasi muda, terutama mahasiswa itu harus bisa berfikir positif dan kreatif, sehingga muncul ide dan strategi yang tepat. Karena dengan pemikiran seperti itu mereka bisa memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan persaingan bangsa di kancah internasional," bebernya.
Tidak sampai di situ, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini merasa dengan era teknologi yang sudah sangat maju menjadi sumber keuntungan sendiri bagi generasi muda saat ini. 
Pasalnya, mereka lebih familiar dalam penggunaan teknologi khususnya digital sebagai sarana untuk promosi ataupun sebagai salah satu peluang bisnisnya ke depan.
"Generasi sekarang lebih mengenal teknologi dibanding generasi dulu. Banyak peluang bisnis saat ini yang menggunakan sistem aplikasi. Itu bisa menjadi peluang untuk dimanfaatkan," imbuhnya.
Ia meminta kepada pemuda Kalteng untuk tidak menyerah dalam belajar. Pemuda harus memiliki kesadaran tinggi untuk belajar, menambah wawasan dan memperluas pengetahuan, karena kunci kesuksesan adalah dengan kesadaran diri untuk berubah dan berkembang.
"Pemerintah sudah maksimal dalam membenahi pendidikan, menambah fasilitas, supaya generasi muda bisa belajar dengan baik. Tapi kalau mereka tidak punya semangat dalam dirinya, tentu semuanya akan sia-sia," tukasnya.[kenedy]
loading...
TAG