Di Tengah Covid-19, Petani Pulang Pisau Siap Penuhi Stok Beras

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kabupaten Pulang Pisau merupakan salah satu daerah di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), sebagai penghasil padi nomor dua setelah Kabupaten Kapuas.
Di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 ini, para petani di Bumi Handep Hapakat, khususnya di wilayah sentra penghasil padi telah menyiapkan ketersediaan atau stok beras.
Sehingga dengan itu masyarakat Kalteng secara umum, dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau secara khusus tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok, terutama beras.
"Di tengah wabah Covid-19 ini, petani kita tetap bekerja untuk mencukupi pasokan bahan pokok, terutama beras," ujar Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto kepada wartawan metrokalimantan.com, Rabu (15/4/2020).
Menurut Slamet, di tengah wabah Corona ini, pihaknya mendapat arahan langsung dari kementerian pertanian (Kementan) RI untuk melakukan komunikasi melalui video conference (Vicon) dengan menerangkan langsung terkait kesiapan pangan nasional baik, ditengah wabah ini, puasa dan lebaran.
"Vicon kali ini berbeda dari Vicon sebelumnya, yakni kegiatan dilakukan langsung dari lokasi lumbung padi di Pulpis, yaitu di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu. Lokasi yang siap panen seluas 150 hektare," terang Slamet.
Sementara, Vicon dengan Kementan RI, pihaknya selain menunjukan hamparan padi yang siap panen, juta melaksanakan kampanye protokol kesehatan oleh para penyuluh pertanian dengan berbagai macam yel-yel terkait siap cegah Covid-19.
"Vicon dengan Kementan RI ini berlangsung sekitar 1 jam dilokasi Desa Gadabung," tukasnya.[manan]

loading...
TAG