Dagperinkop dan UKM Kapuas Antisipasi Lonjakan Harga Bapokting

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng berupaya mengantisipasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok penting (bapokting) di tengah merebaknya wabah virus Corona. Terlebih jelang bulan puasa 2020 ini.
Plt Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dagperinkop dan UKM) Kapuas, Batu Panahan, Kamis (2/4/2020) menyampaikan, langkah antispasi kenaikan harga ini perlu disiapkan agar pasokan dan harga bapak tetap terkendali.
"Ada tiga langkah yang kita persiapkan salah satunya pasar penyeimbang jika ada lonjakan harga di salah satu daerah," terang Batu Panahan.
Kemudian langkah yang kedua, lanjutnya, dengan melakukan operasi pasar jika terjadi kelangkaan barang.
"Dan bisa juga melalui pasar murah namun dengan teknis online atau cara tertentu guna menghindari kerumunan masa," paparnya.
Menurutnya, pemerintah menyadari antisipasi dampak penyebaran virus Covid-19 ini merupakan tanggung jawab  bersama yang memerlukan sinergi dan kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku usaha terkait bapok, maupun masyarakat.
"Untuk itu, pemerintah mengajak masyarakat tetap tenang, tidak perlu belanja berlebihan, dan selalu menjaga kesehatan,” tukasnya.[zulkifli]
loading...
TAG