Bantuan segera Disalurkan, Ida: Jangan Ada Pungli

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Di tengah situasi genting, sejatinya tak boleh ada yang melakukan pungutan liar alias pungli. Apalagi kegiatan sosial bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
Karena itu, Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Idariani mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Desa (Pemdes) dan Ketua RT serta RW, agar tidak pernah sekali pun melakukan pungli terhadap penyaluran bantuan.
"Jangan pernah sekali pun melakukan pungli, termasuk untuk korban banjir dan warga terdampak Corona Virus Disease atau Covid-19," pinta politisi Partai Demokrat ini, Kamis (16/4/2020).
Menurutnya, bagi ASN, Pemdes dan perangkatnya serta Ketua RT ataupun RW, harus amanah dalam menyalurkan bantuan dari pemerintah kepada warga terdampak Covid-19 dan banjir.
Ini Ia sampaikan, mengingat pengalaman yang sudah-sudah, di mana penyaluran bantuan kepada masyarakat dari pemerintah, terkadang menjadi ajang pungli. Kebanyakan dikeluhkan karena dipotong jumlahnya oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.
Ida menambahkan, dari pengalaman sebelumnya di berbagai daerah, banyak kejadian ada oknum 'nakal' yang menjadikan program bantuan semacam ini menjadi ajang pungli, bahkan setidaknya dipotong jumlah bantuan yang harusnya disalurkan kepada warga.
"Apalagi bantuan yang akan digelontorkan kepada masyarakat baik itu dalam bentuk barang ataupun uang tunai, guna penanganan dampak Covid-19 dan banjir ini, nantinya berjumlah cukup besar," ungkapnya. 
Sehingga, lanjutnya, harus ada kerja sama yang baik dan proaktif dari seluruh stakeholder, baik itu pelaksana penyaluran maupun masyarakat sebagai sasaran penyaluran bantuan. Ini agar nantinya penyaluran bantuan bisa sampai tepat sasaran.
"Kepada masyarakat, kami juga meminta proaktif melaporkan dirinya maupun tetangga serta kerabatnya, yang benar-benar layak dimasukkan ke dalam daftar penerima bantuan. Juga mereka harus aktif melakukan pengawasan, agar bantuan bisa sampai tepat sasaran dan tepat jumlahnya, kepada para penerima," paparnya.
Ida berpesan, terkhusus di Kabupaten Barsel yang belum pernah ada ditemukan kasus semacam itu, agar kondisi ini terus terjaga baik, dengan adanya kesadaran dari semua pihak agar terus amanah menjalankan tugasnya.
"Kita yakin di Barsel semua orang amanah, dan kita harapkan agar terus seperti itu," imbuhnya.
Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar selama pandemi Covid-19 ini berlangsung, untuk tetap mematuhi setiap anjuran pemerintah terkait social distancing dan physical distancing.[deni]

loading...
TAG