Bantuan Harus Merata untuk Warga Terdampak Covid-19

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dalam rangka sinkronisasi upaya pencegahan dan percepatan penanganan virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Istana Isen Mulang Kalteng, Senin (13/4/2020).
Rakor melalui video conference (Vidcon) tersebut dipimpin langsung Ketua Gugus Tugas yaitu Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran didampingi oleh anggota DPR RI Dapil Kalteng, H Agustiar Sabran, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, Leonard S Ampung dan Kepala Badan Keuangan dan Aset (Bakeuda) Kalteng, Nuryakin yang diikuti oleh Walikota dan Bupati se-Kalteng.
Dalam rakor tersebut, Sugianto mengimbau kepada seluruh Kepala Daerah untuk membuat pemetaan wilayah masing-masing dan memperkuat rencana aksi, salah satunya penyemprotan disinfektan tidak hanya di jalan-jalan namun harus masuk ke pemukiman dan rumah-rumah.
Selain itu, harus mengkaji Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan koordinasi dengan Pemprov, mengoptimalkan anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 melakukan pendataan warga yang kurang mampu meliputi seluruh sektor agar mendapatkan bantuan sosial.
"Bantuan yang akan diberikan akan terus didistribusikan secara berkelanjutan dan diharapkan bisa merata kepada seluruh masyarakat Kalteng yang terdampak oleh pandemi Covid-19," ucapnya.
Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menekankan agar setiap Kepala Daerah terus mengimbau warganya untuk terus menggiatkan gaya dan pola hidup sehat untuk menghentikan penularan Covid-19.
Selain itu, Ia juga mengimbau untuk memaksimalkan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam membantu pemerintah memerangi Covid-19.
Terkait banjir yang terjadi di sejumlah daerah, Gubernur meminta Kepala Daerah agar menindaklanjuti dan membantu masyarakat yang terkena dampak tersebut.
"Saya akan menyumbangkan penghasilan berupa anggaran rumah tangga dan gaji untuk diperbantukan bagi masyarakat terdampak Covid-19 ini," tandasnya.[kenedy]

loading...
TAG