Antisipasi Spekulan Pangan, Pemkab Kapuas Siapkan Skema

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Di tengah pandemi virus Corona, peran serta pemerintah menjaga kestabilan harga pangan, terutama beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kapuas dan menjamin ketersediaan dan distribusi kepada masyarakat, sangat dibutuhkan.
"Kita mengantisipasi munculnya para spekulan yang mengakibatkan harga bahan pokok naik secara sepihak dan dampaknya akan terasa kepada masyarakat," ungkap Budi Kurniawan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kapuas, Rabu (1/4/2020).
Hal itu sudah dipaparkan pada Rakor Strategi Pengendalian Ekonomi dan Ketahanan Pangan dalam mengahapi situasi saat ini.
Pihak pemerintah, BUMN, BUMD serta perbankan harus menjamin ketersediaan dan distribusi pangan di wilayah ini.
"Untuk mewujudkan itu, ada dua skema yang harus diambil pemerintah daerah berdasarkan jumlah atau masyarakat yang terdampak khususnya Kabupaten Kapuas, di antaranya subsidi kepada masyarakat menengah ke atas contohnya masyarakat pekerja sektor informal yang terdampak pandemi ini," terang Budi.
Kemudian jelas mantan Camat Bataguh ini, adalah bantuan langsung kepada Masyarakat ekonomi menengah kebawah seperti Masyarakat Miskin diluar Penerima Program Pemerintah (PKH dan BPNT).
"Adapun alur untuk skema tersebut adalah pemerintah sebagai penyedia subsidi ataupun bantuan langsung lalu disalurkan melalui lumbung desa dan koperasi kepada masyarakat," paparnya.[zulkifli]

loading...
TAG