Waspada Banjir Harus Dilakukan Lebih Dini

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Memasuki musim penghujan, sejatinya masyarakat harus lebih waspada terhadap kemungkinan banjir. Tak terkecuali di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel).
Anggota DPRD Barsel, H Sudiarto, Senin (23/3/2020) mengatakan, untuk meminimalkan kemungkinan banjir hendaknya Pemkab Barsel bersama masyarakat melakukan persiapan.
“Persiapan itu bisa dilakukan dengan cara membersihkan saluran pembuangan air atau drainase,” jelasnya.
Menurutnya, Pemkab Barsel juga sudah mengupayakan pengerukan sungai sebagai saluran pembuangan air terakhir. Sekarang tinggal dibantu warga agar aliran air lancar dan tak menggenang.
Sudiarto mengimbau Pemkab juga segera membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana yang disiapkan untuk menangani banjir. 
Keberadaan tim ini bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa memetakan daerah-daerah rawan banjir yang diprediksi bakal membutuhkan bantuan.
Tak kalah penting juga, lanjutnya, ketersediaan air bersih dan bahan makanan yang harus dipastikan aman oleh pemerintah. Juga terkait penampungan yang disiapkan khusus bagi warga yang rumahnya terendam banjir.
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, penyelesaian banjir tidak bisa dilakukan saat musim banjir. Solusi pencegahan banjir bisa dilakukan di musim panas seperti sekarang. Misalnya, pengerukan waduk, bendungan, saluran pembuangan, dan pendalaman sungai.
“Mengambil sajak lama, yakni sedia payung sebelum hujan, akan sangat bermanfaat jika dilakukan sekarang juga,” jelasnya. 
Ia juga mengimbau masyarakat Barsel dan sekitarnya, khususnya Kota Buntok dan pedesaan agar terus menjaga lingkungan sekitar, terutama drainase agar tetap lancar.[deni]
loading...
TAG