Waspada, Ada Aplikasi Sensus Penduduk Palsu

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Perkembangan teknologi informasi sangat pesat, bahkan internet kini seolah menguasai dunia. Lantaran sangat memudahkan aktivitas manusia, banyak orang yang bergantung pada jaringan digital tersebut.
Dengan koneksi internet, informasi apapun dengan mudah dan cepat tersebar luas ke seluruh dunia. Dengan adanya akses internet ini pula ada oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan momen sensus penduduk secara online yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).
Saat ini ada oknum yang telah menyediakan beberapa aplikasi sensus penduduk, tapi palsu. Kenapa palsu, karena aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi melalui playstore.
Sedangkan aplikasi resmi milik BPS cuma melalui alamat website sensus.bps.go.id. 
Kasi Statistik Sosial BPS Kota Palangka Raya, Citra Nugroho, Kamis (12/3/2020) mengungkapkan, pelaku telah membuat 3 hingga 4 alamat website dan juga dipastikan palsu oleh BPS dan sudah diketahui, sehingga telah dilakukan upaya block agar tidak menyebar.
Diuraikannya, salah satu ciri aplikasi sensus penduduk yang palsu ini dalam sistem mereka meminta data nama ibu kandung, sedangkan kalau sensus yang dilakukan BPS tidak seperti itu.
"Dalam sensus BPS hanya mengumpulkan empat variabel utama, diantaranya individu, pendidikan, perumahan, dan pekerjaan. Jadi kalau dalam sensus itu meminta data nama ibu kandung, maka bisa dipastikan aplikasi sensus tersebut palsu," tegasnya.[kenedy]

loading...
TAG