Walikota Minta Utamakan Pekerja Lokal

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Angka pertumbuhan ekonomi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) menunjukkan grafik yang meningkat dari tahun ke tahun dengan rata-rata pertumbuhan 7,25  persen.
Indeks pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga akan mempengaruhi lapangan kerja yang tersedia.
Terkait itu, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin berharap kepada penyedia lapangan kerja atau pengusaha agar lebih mengutamakan pekerja lokal untuk dipekerjakan.
"Seharusnya perusahaan harus lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal, akan tetapi masih banyak perusahaan lebih memilih tenaga kerja dari luar daerah Kota Palangka Raya dengan alasan kebutuhan dan skill yang dimiliki," ungkapnya, Kamis (12/3/2020).
Menurutnya, dengan memprioritaskan penduduk lokal untuk dipekerjakan dinilai sangat penting, karena masyarakat lokal berhak mendapatkan kesejahteraan melalui kegiatan dengan bekerja di perusahaan yang ada. 
"Hal ini untuk menghindari kecemburuan sosial, karena memperkerjakan masyarakat dari luar daerah," ucapnya.
Lebih lanjut, apabila memang para pencari kerja lokal tidak memenuhi kriteria yang diinginkan oleh penyedia kerja, disinilah tugas pemerintah.
Khususnya Dinas Tenaga Kerja yang berperan mencari solusi untuk memberdayakan masyarakat lokal seperti memberikan pelatihan untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan skill sesuai kebutuhan kerja.[kenedy]

loading...
TAG