Tangkal Covid-19, Pemkab Kapuas Dirikan Posko di Perbatasan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas terus bergerak melakukan berbagai upaya mengantisipasi menyebarnya Corona Virus Disease alias Covid-19, kendati hingga kini belum ada kasus positif virus corona di Kapuas. 
Upaya antisipasi kali ini, Minggu (22/3/2020) telah didirikan Posko Tanggap Darurat Copid-19 di wilayah perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, tepatnya di Jalan Trans Kalimantan, Km 14, Anjir Serapat, Kecamatan Kapuas Timur.
Pendirian posko tanggap darurat Covid-19 ini dipimpin langsung Plt Sekda Kapuas Andres Nuah, diikuti Kadinsos, Kadiskominfo, Kadinkes, Kasat Pol PP dan Damkar, Kadishub, Kapolsek, Danramil, Ka UPT Kesehatan serta sejumlah tim medis.
Di Posko tersebut didirikan sedikitnya 3 buah tenda dari Dinsos setempat.
"Pendirian posko ini untuk mendeteksi sekaligus pencegahan orang yang terindikasi atau orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19, yang masuk ke wilayah Kalteng ataupun sebaliknya," terang Andres Nuah di lokasi kegiatan.
Dan di Posko tersebut juga langsug dilakukan penanganan oleh tim medis yang sudah disiapkan.
Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan bagi kendaraaan berikut pengendara, penumpang  diperiksa dengan menggunakan thermo scanner pengukur suhu tubuh.
Kadiskominfo Kapuas, H Junaidi, yang juga berada di lokasi pendirian posko mengatakan, antisipasi dan pencegahan virus Corona ini harus terus gencar disosialisasikan untuk mengedukasi masyarakat.
"Ini sebagimana instruksi dari Bapak Bupati Kapuas, sebagai langkah pencegahan dan meminimalisir merebaknya virus Corona," tukasnya.[zulkifli]
loading...
TAG