Stok APD Diprioritaskan untuk Tenaga Medis

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Merebaknya wabah Corona Virus Diseases alias Covid-19 yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia ini benar-benar di luar dugaan, khususnya di bidang kesehatan.
Saat masyarakat hendak membeli masker ke toko atau apotek tidak bisa mendapatkannya. Padahal Alat Pelindung Diri (APD) ini sangat penting untuk melindungi diri dari virus. Langkanya stok masker ini hampir di seluruh daerah.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo mengatakan, kondisi saat ini berbeda dengan saat terjadi bencana alam.
Sebu saja seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), karena tidak semua daerah dilanda kebakaran sehingga orang yang membutuhkan masker juga terbatas.
Ia menegaskan, khusus bencana Covid-19 ini pihak dinas tidak bisa membagikan masker, karena stok yang ada diprioritaskan untuk petugas kesehatan yang melayani untuk orang yang sakit dan untuk keluarga yang merawat.
"Jangankan masalah masker, perbekalan medis pun kita juga tidak menduga. APD yang terutama di rumah sakit saat perawatan pasien Covid-19 ini kita kekurangan. Saat ini ada, tapi stoknya terbatas dan khusus untuk tenaga kesehatan," ungkapnya.
Saat ini, tambahnya, pemerintah daerah menunggu droping APD dari pemerintah pusat dan berharap APD dimaksud segera datang.
"Kita berharap droping APD dari pusat itu segera datang ke Kota Palangka Raya," tukasnya.[kenedy]
loading...
TAG