Pimpinan Dewan Ingatkan Bahaya Banjir

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Moch Yusuf mengimbau masyarakat di wilayah bantaran sungai untuk waspada bahaya banjir. 
Kewaspadaan ini dinilai penting, mengingat saat ini intensitas curah hujan terbilang tinggi.
"Kami mengingatkan masyarakat yang berada di titik banjir atau yang berada di bantaran sungai, untuk waspada," tuturnya, Selasa (10/03/2020).
Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga mengingatkan perlunya kesadaran, pemahaman dan kesiagaan masyarakat. Ini jauh lebih penting untuk mengantisipasi lebih dini bahaya banjir sebelum membawa korban jiwa.
Para orangtua, lanjutnya, hendaknya juga mengungsikan buah hatinya, serta orangtua lanjut usia ke tempat aman. Setidaknya masyarakat bisa mempersiapkan alternatif lain apabila debit air kian meninggi atau berada pada zona mengkhawatirkan.
Soalnya, sambungnya, potensi bahaya banjir bisa mengakibatkan seseorang hanyut terbawa arus atau tenggelam yang menyebabkan pada kematian. Orangtua juga harus meningkatkan pengawasan terhadap buah hatinya, kendati si anak bisa berenang. 
"Pengawasan orang tua terhadap anaknya harus dilakukan agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi," imbuhnya.
Dia juga menyampaikan, pihak Pemkab Barsel hendaknya memberikan bantuan kepada korban bencana banjir. Apalagi masyarakat di bantaran sungai, danau, dan rawa tidak bisa bekerja, bahkan kebun dan ladang mereka juga mengalami kerugian akibat terendam banjir.
"Ini terjadi ketika intensitas luapan air mulai meninggi hingga menenggelamkan sebagian rumah warga, kebun, tanaman masyarakat," jelasnya.
Ia berharap bencana banjir yang berada di titik banjir di Kabupaten Barsel berangsur surut.
"Dan masyarakat bisa beraktivitas seperti semula," pungkas Moch Yusuf.[deni]
loading...
TAG