Musim Hujan, Legislator Barsel Ini Imbau Warga Waspada Penyakit

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Berbagai efek dari musim hujan bisa timbul. Karena itu, warga sejatinya tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya penyakit dan bahaya banjir.  
Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja, Selasa (10/9/2020) mengatakan, perubahan cuaca telah terjadi dari kemarau menjadi musim hujan, termasuk di wilayah Barsel dan sekitarnya.
Ini, lanjutnya, berpotensi menimbulkan penyakit yang bisa muncul akibat perubahan cuaca ekstrim seperti ini. 
"Misalnya demam berdarah, maka hal ini mesti menjadi kewaspadaan bersama," ucap legislator muda dari Partai Nasdem ini kepada metrokalimantan.com.
Bhaskarogra menuturkan, adapun wilayah yang berpotensi bisa muncul penyakit Deman Berdarah (DBD) seperti daerah padat penduduk dan sanitasi yang kurang baik.
Menurut pria yang akrab disapa Besbes ini, lokasi yang cukup rawan terdampak DBD karena sanitasi yang kurang baik, misalnya tumpukan sampah yang menyumbat parit sangat berpotensi sebagai sarang nyamuk.
"Kami berharap agar instansi terkait bisa melakulan langkah preventif, untuk mencegah munculnya demam berdarah di Barsel," ungkapnya.
Kemudian, lanjutnya, peran masyarakat juga penting, terutama untuk melakukan langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit DBD.
"Warga juga kita ajak untuk bersih-bersih lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, kemudian mengubur kaleng-kaleng bekas," tandasnya.[deni]

loading...
TAG