Meriahkan Harlah, Pemkab Kapuas Gelar Lomba Inovasi TTG

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-214 Kabupaten Kapuas dan HUT ke-69 Pemkab tahun 2020, melalui Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar lomba inovasi pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kapuas.
Kepala DPMD Kapuas, Yanmarto menuturkan, lomba inovasi pengembangan dan penerapan  TTG tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2020 ini merupakan upaya pemerintah dalam menstimulan dan menjaring ide-ide kreasi inovasi masyarakat.
"Terutama dalam menunjang pengembangan ekonomi lokal, melalui berbagai penemuan teknologi tepat guna yang berbasis kearifan dan pengetahuan lokal serta potensi daerah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat" kata Yanmarto, Kamis (12/3/2020).
Lomba diperuntukkan bagi warga Kapuas mulai dari masyarakat umum, pelajar, mahasiswa serta organisasi baik perorangan ataupun kelompok khususnya yang memiliki karya cipta yang produktif, kreatif dan inovatif sebagai salah satu persyaratan bagi peserta.
Kabid Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMD Kapuas, Syaiful Fadjri menjelaskan ketentuan TTG dimaksud berupa suatu alat atau metode teknologi proses ataupun produk yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan.
"Hasil karyanya juga harus orisinil, bukan hasil dari plagiarism stau meniru, menjiplak dari karya orang lain yang sudah ada," kata Syaiful.
Lomba TTG ini pertama kalinya diselenggarakan di Kapuas sebagai ajang untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi sumber daya khususnya dalam menciptakan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat.
Pendaftaran lomba ini bersifat gratis, tidak dipungut biaya dengan jadwal pendaftaran dibuka sejak tanggal 27 Februari sampai dengan 27 Maret 2020.
Total hadiah diperebutkan senilai Rp16,5 juta dan bagi pemenang 1 dan 2 akan diikutsertakan pada lomba TTG tingkat Provinsi.[zulkifli]

loading...
TAG