Legislator Ini Minta PBS Peduli Warga dan Lingkungan

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Anggota DPRD Pulang Pisau dari Fraksi PPP, H Arif Rahman Hakim meminta seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di Bumi Handep Hapakat untuk cepat tanggap dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. 
Dengan begitu, tentunya akan membantu pemerintah setempat untuk mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang damai, maju, berkeadilan dan sejahtera.
"Yang paling utama tanggung jawab PBS ini memenuhi hak-hak warga, di mana perusahan itu beroperasi. Contoh rutin menyalurkan CSR, plasma dan sebagainya," ucap Hakim, sapaan akrab legislator yang juga Anggota Komisi I ini, Selasa (10/3/2020).
Selain hal tersebut, lanjut Hakim, tanggung jawab yang harus dilakukan pihak PBS, yakni menjaga lingkungan sekitar dari hal-hal yang berpotensi merusak alam dan lingkungan sekitar.
"Contoh lagi, PBS harus memperhatikan pembuangan limbahnya, apakah akan berdampak pada lingkungan atau tidak. Itu agar tidak terjadi polemik dilingkungan kerja mereka dengan masyarakat," kata Hakim mengingatkan.
Menurutnya, meski kewenangan masalah perizinan dan sebagainya terkait PBS ini merupakan kewenangan pihak provinsi dan pusat, tapi bagaimana pun PBS beroperasional di wilayah Pulang Pisau.
"Jadi, kita juga terketuk ikut andil dalam hal ini, minimal mengingatkan," tuturnya.
Hakim juga meminta kepada dinas atau instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap seluruh PBS yang beroperasi di wilayah Pulang Pisau ini. 
"Artinya, saya mengajak untuk duduk bersama dengan dinas atau instansi terkait lainnya untuk menyikapi semisal ada PBS yang terindikasi melanggar aturan atau perundang-undangan yang ada. Intinya kami dari DPRD Pulpis Siap," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG