Ingatkan Orangtua, Jarliansyah: Jangan Biarkan Anak Menikah Dini

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Menikah usia dini bagi sebagian orang tak masalah. Hanya saja, efek pasca menikah bakal terasa. Apalagi jika kedewasaan pasangan yang menikah belum terlihat.
Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Jarliansyah mengingatkan orangtua untuk tidak membiarkan anaknya menikah di usia dini. Pasalnya, ada beberapa dampak dari pernikahan usia dini.
"Pernikahan di usia dini sangat rentan mengalami berbagai macam masalah, sebab pengendalian emosi mereka (anak bawah umur) yang belum stabil," terang Jarliansyah kepada metrokalimantan.com, Selasa (24/3/2020).
Menurutnya, apabila emosi anak di bawah umur itu tidak stabil, dikhawatirkan menimbulkan masalah, seperti kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT, bahkan berujung pada perceraian. 
Pernikahan usia dini juga rawan berdampak bagi kesehatan, psikologi, sosial, serta tumbuh kembang bayi. Dan ini yang dapat menimbulkan permasalahan stunting. 
Selain itu, lanjutnya, juga akan berdampak pada kehamilan yang terlalu dini. Kondisi tersebut sangat berisiko tinggi bagi janin.
Orangtua bisa melakukan pencegahan perkawinan pada usia anak, sebagai bentuk komitmen perlindungan terhadap anak. 
Seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi dalam upaya mendorong masyarakat dan orangtua, supaya menjalankan peran masing-masing demi masa depan anak.
"Saya berharap pernikahan usia dini mendapat perhatian khusus dari kita semua," pungkas politikus PDIP ini.[deni]

loading...
TAG