Harjad Kapuas, Ritual Balian Digelar Laluhan Ditangguhkan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Rangkaian peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-214 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Pemerintah Kabupaten Kapuas.
Pemkab Kapuas melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga menggelar ritual adat Balian di Balai Basarah Jalan Melati Kuala Kapuas, Rabu (18/3/2020).
Kadis Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kapuas, H Suparman mengatakan, Pemkab Kapuas sangat mendukung dengan terlaksananya acara adat ritual. Ritual ini juga rutin digelar setiap tahun.
"Harapan kami agar nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Kapuas agar selalu dijaga dan dilestarikan, sehingga Kabupaten Kapuas selalu dipenuhi dengan keberagaman budaya dan adat istiadat," kata H Suparman.
Ritual adat tersebut bertujuan agar pemimpin daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan arif dan bijaksana sehingga masyarakat dapat hidup makmur sejahtera.
Sementara itu, tokoh agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas, Sulatin menyampaikan digelarnya ritual adat tersebut merupakan program khusus Pemkab Kapuas dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-16 Pemkab Kapuas.
"Acara ini diprogramkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas yang mana dalam ritual adat ini, ada sebelas leluhur pelindung Kabupaten Kapuas yang dipanggil," tutur Sulatin.
Dirinya juga mengungkapkan, selain acara adat Balian, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan acara adat yang lain seperti Mamapas Lewu dan Ngarunya . Sedangkan untuk acara adat Laluhan kemungkinan akan ditunda waktu pelaksanaannya sampai waktu yang belum ditentukan.
"Acara adat Laluhan kemungkinan akan ditunda waktu pelaksanaannya mengingat situasi sekarang, sebab dalam acara tersebut sifatnya mengumpulkan banyak orang," imbuhnya. 
Oleh karena itu, kemungkinan akan ditunda pelaksanaannya, hal ini dilakukan untuk menjaga masyarakat Kabupaten Kapuas terhadap risiko penularan infeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di seluruh wilayah Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG