Hadapi Pandemi Corona, Pemprov Kalteng: Stok Pangan Aman

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Di tengah meluasnya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng), Pemprov Kalteng menjamin ketersediaan stok pangan di daerah itu aman. 
Pemprov Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten sentra produksi pangan menjamin stok pangan khususnya beras tetap aman, meskipun  terjadi kondisi pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia dalam waktu yang bersamaan dengan musim panen Oktober-Maret dan persiapan musim tanam April-September 2020. 
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran optimis cadangan stok beras di wilayah yang dipimpinnya tersebut terpenuhi hingga 7 bulan mendatang. 
"Jangan khawatir dengan stok pangan di wilayah kita. Produksi padi petani Kalimantan Tengah mencukupi kebutuhan masyarakat," ungkapnya, Senin (30/3/2020).
Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kalteng, Hj Sunarti  menyampaikan, ada lima Kabupaten sentra padi di Kalteng, di antaranya Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Barito Timur dan Kotawaringin Timur sebagai lumbung beras.
Kelima daerah ini juga telah siap menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng untuk berperan aktif dalam menjaga stabilitas stok pangan dan memantau peredaran rantai distribusi panen padi dari petani produsen hingga konsumen.
Perlu adanya tindakan antisipasi dari Satgas Pangan mencegah terjadinya penimbunan bahan pokok pangan. Rantai distribusi keluarnya gabah keluar daerah akan dipangkas dengan kebijakan Pemerintah Provinsi yang siap menampung stok gabah langsung dari petani produsen. 
"Gerakan kostraling akan digiatkan untuk mendukung program Pemerintah Daerah," tukasnya.[kenedy]

loading...
TAG