Debit Air Mulai Meninggi, Jarliansyah Minta Warga Sungai Wapada

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Warga Barito Selatan yang bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito tampaknya harus waspada. Ini mengingat dalam beberapa hari belakangan debit air di sungai ini terus meningkat.
Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Jarliansyah, Kamis (26/3/2020) meminta masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Barito untuk mewaspadai kenaikan debit air yang belakangan ini terus meningkat. 
"Kewaspadaan sangat diperlukan, agar naiknya debit air sungai barito tidak menjadi petaka bagi masyarakat, khususnya anak-anak yang tinggal di sekitar sungai," kata Jarliansyah kepada metrokalimantan.com.
Ia meminta masyarakat, khususnya para orangtua bisa lebih ekstra mengawasi dan menjaga anak-anaknya. Sebab, balita maupun anak-anak yang berada di daerah aliran sungai sangat rawan terjatuh ke sungai.
"Pada intinya saya sebagai wakil rakyat selalu mengingatkan warga agar selalu berhati-hati ketika air sungai mengalami kenaikan debit. Jangan sampai ada korban jiwa akibat tenggelam di sungai tersebut," pintanya.
Jarliansyah menambahkan, selain mengingatkan untuk waspada terhadap peningkatan debit air Sungai Barito, masyarakat juga diharapkan mewaspadai meluapnya air sungai yang berada di Ibu Buntok ini. 
Apa lagi, lanjutnya, awal bulan Maret ini curah hujan juga sangat tinggi membasahi daerah ibu kota Kabupaten Barsel ini.
"Sebelum meluap air sungai Barito, masyarakat tidak ada salahnya berbenah dan mengangkut barang-barang yang perlu diselamatkan sebelum terjadi luapan sungai tersebut," tuturnya.
Dari pantauan di lapangan, selain debit air sungai Barito yang tiap harinya terus meningkat, arus air sungai juga sangat deras dan membahayakan bagi masyarakat yang sedang menjalankan aktivitas di sungai itu.[deni]
loading...
TAG