Cuaca Ekstrim, Waspadai Pohon Tumbang

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Cuaca ekstrim di musim penghujan akhir-akhir ini intensitasnya semakin meninggi. Kewaspadaan tinggi pun tentu harus dilakukan warga.
Terkait kondisi ini, Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rinto Rahman, Rabu (11/3/2020), meminta warga agar selalu waspada, termasuk terhadap efek cuaca ekstrim, seperti tertimpa pohon tumbang.
Apalagi beberapa waktu lalu ditemukan sejumlah pohon tumbang di lintasan jalan Negara Buntok - Ampah dan di lintasan Jalan Buntok - Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan.
Selain waspada tertimpa pohon tumbang, Rinto juga mengingatkan masyarakat di bantaran sungai, danau dan rawa, waspada akan bahaya banjir beserta efeknya.
"Ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kasus kematian terseret arus sungai dan korban tenggelam," ucap Ketua PKB Barsel ini.
Legislator muda ini juga mengimbau masyarakat yang berada di bantaran sungai agar berhati-hati mengemudikan alat transportasi air di sungai.
Kendati kasus tabrakan transportasi air jarang terjadi di DAS Barito maupun di aliran sungai anak Barito, kewaspadaan tetap penting dilakukan.
Tidak hanya itu saja, Ia juga mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap penyakit musim penghujan. Karena musim penghujan sering marak terjadi kasus diare dan penyakit lainnya.
"Sebab di tengah air sungai meninggi saat ini rentan terkontaminasi bermacam bakteri," tutupnya.[deni]

loading...
TAG