Bupati Edy Lantik Lima Damang

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak lima Damang Kepala Adat di Lima Kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau periode 2020-2026, dilantik Bupati H Edy Pratowo di aula Bappedalitbang Pulang Pisau, Selasa (10/3/2020).
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji oleh Bupati Edy itu juga dirangkai dengan pengukuhan yang dilakukan oleh Kepala Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Pulang Pisau, Edwin Mandala. 
Bupati Edy dalam sambutannya berharap agar lembaga kedamangan ini dapat menjadi mitra pemerintah dalam menonjolkan adat istiadat di daerah.
"Lembaga kedamangan ini adalah mitra pemerintah dalam memberikan masukan terhadap tugas-tugas pemerintah daerah terkait dengan budaya dan adat istiadat," ucapnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Edy, melalui Dinas Kebudayaan menekankan agar adat istiadat bisa dikembangkan. Begitu juga tak kalah penting bagaimana damang ini bisa menfasilitasi masalah masyarakat.
"Karena lembaga adat dayak yang merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan tumbuh dan dibentuk, untuk mengatur, mengurus dan menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan dengan mengacu pada adat istiadat (Hukum), adat dayak sebagai pemimpinnya adalah Damang Kepala Adat," pungkasnya.
Adapun para damang yang dilantik tersebut di antaranya Damang Kahayan Hilir Darius A Kung, Damang Kahayan Tengah, Adrian, Damang Kahayan Kuala, Barlin A, Damang Maliku, Deun dan Damang Pandih Batu Agus Tuah.[manan]

loading...
TAG